Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman Guru di SMP Negeri 2 Buay Bahuga

Authors

  • Azha Nurul Kholizah Azha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Feri Riski Dinata Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Amir Mahmud Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author

DOI:

https://doi.org/10.63097/xy0prv88

Keywords:

Peran Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka, Pemahaman Guru

Abstract

Kurikulum Merdeka mulai diluncurkan pada tahun 2022, SMP Negeri 02 Buay Bahuga merupakan salah satu sekolah penggerak angkatan ke dua kurikulum merdeka dan pada tahun ini sudah jalan tahun ke tiga. Kepala sekolah di SMP Negeri 02 Buay Bahuga sangat mendukung sekali dan memfasilitasi terkait implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga kurikulum merdeka di SMP Negeri 02 Buay Bahuga sudah berjalan dengan cukup baik dalam penerapannya. Akan tetapi masih ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh kepala sekolah yakni terkait dengan kesiapan guru, masih ada sebagian guru terutama guru senior yang masih sulit diajak untuk memahami terkait implemantasi Kurikulum Merdeka dengan kurikulum yang lama.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai agen perubahan dalam memfasilitasi pemahaman guru, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman guru dan bagaimana strategi kepala sekolah dalam memberikan pelatihan, bimbingan teknis dan supervisi untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, uji keabsahan menggunakan triangulasi dan member check.

Hasil dari penelitian ini peran kepala sekolah dalam memfasilitasi guru sudah sangat baik kepala sekolah membentuk komite belajar, menyelenggarakan in house training (IHT) kepala sekolah juga menyediakan fasilitas, sumber belajar yang memadai seperti buku dan materi ajar yang relevan dengan kurikulum merdeka. Faktor yang mempengaruhi pemahaman guru yaitu faktor pendukung diantaranya, dukungan dari kepala sekolah, fasilitas yang memadai, pelatihan yang berkelanjutan, ruang untuk berdiskusi dan kolaborasi antar guru. Ada juga faktor yang menghambat pemahaman guru yaitu guru tetap nyaman menggunakan kurikulum lama adanya perubahan pendekatan pembelajaran tradisional ke metode yang lebih interaktif dan inovatif sehingga menjadi tantangan bagi guru terutama guru senior yang terbiasa dengan cara mengajar yang lama, dan beberapa guru juga belum cakap dalam menggunakan IT sehingga mengalami kesulitan dalam membuat modul ajar. Jadi kepala sekolah selalu memberikan dorongan dan memfasilitasi baik pelatihan maupun menyedikan perangkat yang diperlukan yang berbasis teknologi sehingga para guru menjadi terbiasa. Strategi kepala sekolah dalam memberikan pelatihan dan bimbingan teknik yaitu, analisis kebutuhan, menyusun program pelatihan, membuat program kerja, menggerakkan guru membuat kurikulum bersama dan melakukan supervise secara rutin tiap semester, kemudian melakukan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman Guru di SMP Negeri 2 Buay Bahuga. (2025). Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 33-37. https://doi.org/10.63097/xy0prv88
Abstract Views: 32 | PDF Downloaded: 12