Integrasi Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam

Authors

  • Feri Riski Dinata Feri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author

DOI:

https://doi.org/10.63097/f75r7p71

Keywords:

Metodologi Penelitian, Manajemen Pendidikan Islam, Integrasi Penelitian

Abstract

Penelitian dalam manajemen pendidikan Islam memerlukan pendekatan yang komprehensif untuk memahami kompleksitas dan dinamika yang ada. Dalam konteks ini, integrasi metode kualitatif dan kuantitatif menjadi penting untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Metode kualitatif, yang berfokus pada penggalian makna dan pengalaman individu, dapat memberikan konteks yang kaya terhadap fenomena yang diteliti. Sementara itu, metode kuantitatif, yang mengandalkan data numerik dan statistik, memungkinkan peneliti untuk mengukur dan menganalisis variabel secara objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana integrasi kedua metode tersebut dapat meningkatkan kualitas penelitian dalam manajemen pendidikan Islam. Dengan menggabungkan kedua pendekatan, diharapkan hasil penelitian dapat memberikan wawasan yang lebih holistik dan aplikatif bagi pengembangan manajemen pendidikan Islam di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Integrasi Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam. (2025). Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 28-32. https://doi.org/10.63097/f75r7p71
Abstract Views: 46 | PDF Downloaded: 28