Analisis SWOT Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok
DOI:
https://doi.org/10.63097/hwyafh48Keywords:
Analisis SWOT, Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana, Analisis SWOT terhadap implementasi kurikulum merdeka pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian kualitatif melalui metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Analisis SWOT yang terdiri dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), threats (ancaman) dari sisi kekuatan dengan menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif melalui mempersiapkan materi dan memperhatikan kebutuhan siswa. Dan Analisis kelemahan sangat terbatasnya jumlah buku pedoman atau buku referensi yang bisa menunjang pembelajaran. Dan Analisis peluang dengan adanya kurikulum merdeka pendidik menjadi mudah memberikan penjelasan kepada siswa, sehingga siswa menjadi aktif, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa, diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi, dan pendidik bebas merancang modul ajar. Analisis tantangan dengan adanya Kurikulum Merdeka menjadikan Lembaga pendidikan untuk melengkapi sesuai kebutuhan-kebutuhan Pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan Nasional.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulhendri, Adripen, M. Haviz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Abstract Views:
25
|
PDF Downloaded: 25






