Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam untuk Usia Dini Membangun Sinergi antara Rumah dan Sekolah di RA Roudlotu Tholibin Pisang Indah
DOI:
https://doi.org/10.63097/e43z3103Keywords:
Pendidikan Islam, Peran Orang Tua, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orang tua dalam pendidikan Islam untuk anak usia dini serta membangun sinergi antara rumah dan sekolah di RA Roudlotu Tholibin Pisang Indah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua baik di rumah maupun dalam kegiatan sekolah berkontribusi signifikan terhadap perkembangan akademik dan spiritual anak. Enam bentuk keterlibatan orang tua teridentifikasi, termasuk pembelajaran di rumah dan kolaborasi dengan sekolah. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman tentang pendidikan Islam, dan minimnya komunikasi dengan sekolah. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sekolah telah menerapkan strategi seperti pelatihan orang tua, pertemuan rutin, penggunaan media komunikasi digital, serta pemberian penghargaan. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara orang tua dan pendidik dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan bernuansa Islami bagi anak usia dini
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marlina lina, Dwi Novianti, Ermayanti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite

