Peran Komite Sekolah dalam Mendukung Pendidikan Islam melalui Sinergi Manajemen Sekolah di SD Negeri

Authors

  • Yuli Supriani Yuli Universitas Islam Lampung Author

DOI:

https://doi.org/10.63097/qt3ng327

Keywords:

Komite sekolah, Pendidikan Islam, Manajemen sekolah

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa, termasuk di sekolah dasar negeri yang berada dalam lingkungan pendidikan umum. Komite sekolah sebagai bagian dari masyarakat sekolah memiliki potensi besar dalam mendukung pelaksanaan pendidikan Islam melalui sinergi yang terbangun dengan manajemen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komite sekolah dalam mendukung pendidikan Islam melalui sinergi manajemen sekolah di SD Negeri 2 Purwosari, Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah berperan aktif dalam mendukung kegiatan keagamaan, menyediakan sarana ibadah, serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program keagamaan. Selain itu, terdapat komunikasi dan koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru PAI, dan komite dalam merencanakan dan mengevaluasi program-program keagamaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sinergi antara komite sekolah dan manajemen sekolah mampu memperkuat pelaksanaan pendidikan Islam secara efektif di lingkungan sekolah dasar negeri. Sinergi tersebut dapat dijadikan model kolaborasi bagi sekolah lain dalam memperkuat pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Peran Komite Sekolah dalam Mendukung Pendidikan Islam melalui Sinergi Manajemen Sekolah di SD Negeri. (2025). Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 15-20. https://doi.org/10.63097/qt3ng327
Abstract Views: 51 | PDF Downloaded: 24

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.